Ini Lho, Tanda-tanda Kehamilan


Setiap perempuan yang sudah bersuami pasti menginginkan dirinya segera hamil, karena pada dasarnya lengkaplah ia menjadi perempuan saat ia sudah merasakan kehamilan, melahirkan, menyusui dan menimang sang buah hatinya. Maka jelas, betapa bahagianya dia saat si jabang bayi yang di harap-harapkan pun lahir.

Namun kadang terjadi perempuan yang baru mengalami masa kehamilanpertamabelum mengetahui tanda-tanda kehamilan dengan benar. Karena sebenarnya tanda-tanda kehamilan (pregnancy symptoms) bisa jadi gejalanya mirip dengan dengan  tanda datangnya menstruasi. Nah, ketidaktahuan inilahyang menyebabkan mereka bisa stress karena mungkin saja mereka menganggap itu tanda kehamilan, namun setelah dilakukan beberapa kali test ternyata hasilnya negatif. Atau bahkan sebaliknya ini bisa memicu terjadinya kegugurankarena mereka tidak menyadari dirinya sudah hamil sehingga masih saja beraktifitas berat dan mengonsumsi makanan yang dilarang selama kehamilan. 

Kebanyakan dari kita beranggapan jika tanda-tanda kehamilan hanya satu yaitu terlambat datangnya menstruasi saja. Padahal ini pun belum tentu, apalagi  terlambat menstruasi bisa saja disebabkan hal lain seperti: pola makan, stress, kecapaian, atau adanya gangguan hormonal.

Maka para perempuan hendaknya mengetahui tanda-tanda kehamilan dengan baik yang biasanya meliputi beberapa hal, yaitu:


·         Terjadi perubahan pada payudara
·         Munculnya bercak darah atau flek yang diikuti kram perut
·         Mual dan muntah (Morning sicknes)
·         Sering kencing/buang air kecil (Frequent Urination)
·         Pusing dan sakit kepala (Headaches)
·         Rasa lelah dan mengantuk yang berlebih (Fatigue)
·         Sembelit
·         Sering meludah (hipersalivasi)
·         Naiknya temperatur basal tubuh

Memang tanda-tanda kehamilan yang disebutkan di atas sifatnya pribadi, tidak semua perempuan akan mengalami hal yang sama persis, bahkan ada juga yang tidak mengalami gangguan apapaun.Namun setidaknya dengan mengetahui beberapa cirinya maka kita (baik suami atau istri) bisa lebih membedakan mana tanda-tanda kehamilan, atau mana yang merupakan gejala penyakit. Untuk lebih memastikannya, harus pula dilakukan test kehamilan baik yang dilakukan sendiri di rumah dengan test pack,ataudengan melakukanpemeriksaan ke dokter kandungan.[fm]

0 komentar:

Post a Comment